Thursday, November 5, 2015

Tips Menghindari Penularan Penyakit TBC


Siapa yang belum mengenal penyakit TBC?? Mungkin penyakit ini sudah familiar di telinga masyarakat, namun apakah masyarakat tahu kepanjangan dari TBC?? TBC adalah kepanjangan dari Tuberculosis. Penyakit TBC merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan merupakan penyakit yang menular. Penyakit ini disebabkan karena infeksi kuman yang bernama Micobacterium Tuberculosis. Mungkin masyarakat hanya sekedar mengetahui bahwa penyakit TBC ini hanya menyerang organ paru-paru. Namun anggapan ini salah, penyakit TBC bisa menyerang organ lain di dalam tubuh kita selain paru-paru. Kuman Micobacterium tuberculosis suka hidup pada organ tubuh yang mengandung banyak oksigen. Selain organ paru-paru, TBC juga bisa menyerang tulang, jantung, limpa dan masih banyak organ yang lainnya. Karena penyakit ini sangat mudah menular, maka sangat penting bagi penderita TBC untuk menghindari penularan penyakit ini pada mereka yang masih sehat. Berikut ini akan diulas mengenai tips menghindari penularan penyakit TBC, ayo kita simak bersama-sama.

1. Bagi Penderita, Jangan Lupa Selalu Memakai Masker 
Bagi penderita TB paru, sumber penularan penyakit ini adalah melalui percikan dahak di udara. Oleh karena itu, hendaknya selalu memakai masker kemana saja.

2. Jangan Meludah Sembarangan
Karena sumber penularan TB paru adalah melalui percikan dahak. Sediakan tempat khusus untuk membuang dahak. Anda bisa memanfaatkan cangkir yang bertutup sebagai tempat pembuangan dahak atau ludah. Sebelum memakainya, sebaiknya anda menyiapkan cairan desinfeksi untuk mengisi cangkir tersebut. Cairan desinfeksi yang dimaksud terbuat dari campuran 2 tutup botol cairan wipol dan tambahkan air hingga setinggi 1/3 cangkir.

3. Mengatur Pencahayaan Di Dalam Rumah 
Atur pencahayaan di dalam rumah sedemikian rupa,sehingga tiap hari cahaya matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah. Mengapa hal ini harus dilakukan?? Ternyata, kuman penyakit TBC, tidak tahan terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Jika kuman berada di udara bebas yang ada sinar ultravioletnya, kuman tak akan bertahan selama 2 jam. Tetapi jika kuman berada pada lingkungan yang lembab, kuman bisa bertahan selama berbulan-bulan.

Itulah beberapa tips untuk menghindari penularan penyakit TBC, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menghindari penularan penyakit TBC :)

No comments:

Post a Comment