Friday, November 6, 2015

Cara Mencegah Terbentuknya Luka Pada Kaki Penderita Kencing Manis


Penyakit kencing manis atau juga disebut penyakit diabetes mellitus adalah salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Terlebih bagi mereka yang memang memiliki keturunan yang menderita penyakit ini. Penyakit ini disebakan karena tingginya kadar gula di dalam darah. Kadar gula di dalam darah bisa tinggi karena adanya gangguan pada hormon yang bertugas untuk menyalurkan gula ini agar bisa masuk ke dalam sel tubuh sehingga gula bisa diubah sebagai sumber energi. Hormon yang bertugas adalah hormon insulin. Kebanyakan pada para penderita kencing manis, masalah yang sering muncul adalah timbulnya luka pada kaki penderita. Luka yang terbentuk sangat lama sekali sembuh, dan cenderung bertambah parah sampai ada yang harus dilakukan tindakan amputasi untuk mengatasi masalah ini. Mengapa luka susah sembuh pada penderita kencing manis?? Karena darah penderita kencing manis terlalu banyak mengandung kadar gula, gula ini terus menumpuk dan tidak bisa masuk ke dalam sel, zat-zat lain seperti protein juga sukar masuk dalam jaringan tubuh, protein merupakan zat yang berperan dalam rangka melakuakn regenerasi sel kulit yang mati dan rusak. Jika suplai protein kurang, maka luka yang terbentuk menjadi sukar untuk sembuh. Berikut ini akan dibahas mengenai cara mencegah terbentuknya luka pada kaki penderita kencing manis. Mari kita simak.

1. Jangan Memotong Kuku Kaki Terlalu Pendek 
Bagi penderita kencing manis, sangat tidak dianjurkan tindakan memotong kuku kaki terlalu pendek. Mengapa?? Tentunya adalah karena sebagai pencegahan timbulnya luka pada kaki. Jika kita memotong kuku terlalu pendek, hal ini bisa saja melukai bagian tepi jari kaki dan menimbulkan luka. 

2. Selalu Gunakan Alas Kaki Ketika Berjalan
Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kaki tersandung sehingga menimbulkan luka.

3. Hindari Merendam Kaki Dengan Air Hangat
Kaki penderita kencing manis, sering merasakan mati rasa. Jadi harus dihindari tindakan merendam kaki , karena dikhawatirkan jika air terlalu panas dan kaki sudah tidak peka terhadap panas hal ini bisa mengakibatkan kaki terkena luka bakar dan akhirnya lecet.

Demikian artikel mengenai cara mencegah terjadinya luka pada kaki penderita kencing manis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda :)

No comments:

Post a Comment