Sunday, November 8, 2015

Inilah Pasukan Khusus Terbaik Di Dunia


Hampir setiap negara yang memiliki kekuatan militer pasti mempunyai pasukan khusus, dengan kata lain pasukan yang sengaja dibentuk untuk melakukan sebuah misi khusus. Untuk mendapatkan pengakuan sebagai pasukan khusus terbaik dari negara-negara lain tentunya hal tersulit yang harus di capai oleh pasukan ini, berikut adalah daftar pasukan khusus tebaik dunia :

1. Einsatzkommando Cobra 



Einsatzkommando Cobra adalah pasukan khusus di Austria, pasukan yang dibentuk pada tahun 1978 ini melakukan operasi yang khusus menangani aksi terorisme. Einsatzkommando Cobra memiliki kemampuan untuk melawan dan mengatasi aksi teror di pesawat, meskipun pesawat tersebut masih di udara.

2. MARCOS (Marine Commandos)



MARCOS merupakan pasukan khusus milik India yang menangani operasi di laut, pasukan ini juga menangani aksi terorisme serta terlatih dalam penyelamatan sandera. MARCOS memiliki juga kemampuan untuk menyembuhkan personil yang terluka akibat serangan musuh.

3. GIS (Gruppo d'Intervento Speciale) 



GIS adalah pasukan yang dibentuk pada tahun 1978 untuk menangani ancaman terorisme di Italia. Setiap anggota pasukan GIS memiliki kemampuan menembak yang luar biasa, saat ini GIS tercatat memiliki lebih dari 100 orang anggota yang bertugas untuk operasi anti-terorisme.

4. JW GROM (Jednostka Wojskowa GROM)


JW GROM adalah satuan elit Polandia yang dibentuk pada tanggal 13 Juli 1990 untuk menangani teroris. JW GROM merupakan salah satu pasukan khusus dari lima satuan khusus yang ada di Polandia.

5. SSG (Special Services Group) 



SSG adalah pasukan khusus angkatan darat Pakistan yang dibentuk pada tahun 1956. Pasukan yang biasa disebut dengan Black Storks ini memiliki kemampuan seperti angkatan darat Inggris dan AS. SSG terkenal sebagai pasukan yang sangat berani, bahkan presiden Rusia juga mengagumi keberanian pasukan khusus ini.

6. GIGN (National Gendarmerie Intervention Group) 



GIGN adalah pasukan khusus yang dibentuk oleh Perancis ketika terjadi pembantaian di Olimpiade Munich pada tahun 1971. Pasukan khusus ini dikenal karena responnya yang sangat cepat dalam bertempur.

7. GSG 9 



GSG 9 adalah pasukan khusus yang dibentuk oleh polisi federal Jerman. GSG 9 tercatat telah menyelesaikan misi lebih dari 1500 kali dalam kurun waktu 30 tahun, salah satunya adalah penyelamatan 11 orang atlet Israel yang diculik pada saat Olimpiade Munich. GSG 9 juga dikenal dengan pasukan yang memiliki kemampuan menembak yang paling jitu.

8. 1st SFOD-D (1st Special Forces Operational Detachment-Delta)



Pasukan khusus Amerika ini biasa dipanggil dengan sebutan Delta Force, pasukan Delta Force dibentuk pada tahun 1997 karena banyaknya aksi terorisme di Amerika Serikat pada saat itu. Delta Force merupakan pasukan terbaik yang dimiliki Amerika, tugas utama pasukan khusus ini adalah menangani terorisme dan operasi intervensi nasional.

9. Special Air Service (SAS)



Salah satu pasukan terbaik Inggris ini dibentuk pada saat perang Dunia II tahun 1941. SAS mendapatkan pengakuan di seluruh dunia setelah sukses menyelamatkan sandera dan mengepung kedutaan Iran di London. Saat ini pasukan khusus Special Air Service (SAS) berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia.

10. Spetsnaz (Spetsialnogo Naznacheniya)



Spetsnaz merupakan pasukan khusus dari Rusia yang cukup disegani oleh negara-negara lain, Spetsnaz memiliki keterampilan khusus melebihi pasukan biasa. Kemampuan menyamar mereka juga sangat luar biasa, bahkan sesama pasukan Rusia juga sulit membedakan dan mengenali mereka. Spetsnaz mampu melakukan penyerangan ke camp musuh melalui darat,air dan udara.

11. Kopassus (Komando Pasukan Khusus) 



Kopassus termasuk dalam bagian Komando Utama tempur milik TNI Angkatan Darat, Indonesia. Kopassus dikenal memiliki kemampuan bergerak yang sangat cepat di setiap medan tempur, selain menjaga kedaulatan Indonesia. Pasukan ini juga terlibat dalam beberapa aksi di negara lain untuk pembebasan sandera seperti yang terjadi di Bandara Don Muang (Thailand), operasi pembebasan sandera dari perompak Somalia, dll. Pergerakan pasukan ini sangat dirahasiakan termasuk jumlah personil mereka, beberapa operasi yang jarang diketahui orang banyak adalah penyusupan ke pengungsi Vietnam, penyusupan ke perbatasan Malaysia, Australia dan operasi “Long Range Recce” di Papua Nugini. Kopassus mudah dikenali dari baretnya yang berwarna merah, pasukan elit ini memiliki moto hidup Berani, Benar, Berhasil.

Nah Itulah 11 pasukan khusus terbaik di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita dan kita harus bangga mempunyai pasukan khusus yang termasuk dari salah satu pasukan khusus terbaik di dunia :)

No comments:

Post a Comment