Tuesday, November 10, 2015

Tips Ampuh Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Hipertensi


Mungkin nama penyakit hipertensi masih sedikit asing didengar oleh masyarakat awam. Penyakit hipertensi lebih dikenal dengan nama penyakit darah tinggi oleh masyarakat. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit di dunia yang dikenal sebagai silent killer (pembunuh secara diam-diam). Penyakit hipertensi ini dapat menyerang hampir semua kalangan baik wanita maupun pria dan juga berbagai umur. Beberapa penelitian di Indonesia menyebutkan bahwa penyakit ini kini banyak menyerang para remaja yang duduk di bangku kuliah, mungkin ini dikarenakan faktor psikologis remaja. Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mencegah dan mengatasi penyakit hipertensi ini, so mari kita simak dengan seksama. 

1. Hindari Makanan Yang Mengandung Tinggi Garam 
Sudah bukan rahasia lagi jika makanan yang tinggi garam atau natrium dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu untuk meminimalkan resiko peningkatan tekanan darah, maka batasilah mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam. Jika memungkinkan, gantilah garam di rumah anda dengan garam yang khusus disediakan untuk penderita hipertensi, garam jenis ini banyak dijual di apotik-apotik. 

2. Hindari Pikiran Tegang 
Kondisi psikologis juga sangat mempengaruhi berapa tekanan darah seseorang. Orang yang banyak mengalami stres atau pikirannya tegang, cemas biasanya memiliki tekanan darah yang tinggi. Untuk menghindari hal ini, jika anda sedang banyak masalah jangan terlalu serius dalam memikirkannya, pikirkan juga kondisi tubuh anda. Hal yang dapat anda lakukan adalah refreshing atau sekedar bersantai untuk istirahat sejenak. 

3. Bagi Penderita Hipertensi, Jangan Terlambat Minum Obat
Obat penyakit hipertensi adalah termasuk obat yang diminum seumur hidup. Tidak boleh sekalipun kita melewatkan jadwal minum obat. Karena kebanyakan obat hipertensi berfungsi untuk mengatasi pembuluh darah yang bermasalah dalam mengedarkan darah keseluruh tubuh, oleh karena itu kalau bisa jangan melewatkan satu pun jadwal minum obat hipertensi. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi penyakit hipertensi. Kesehatan itu harganya mahal, jadi selalu jaga kesehatan anda dimanapun dan kapanpun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua :)

No comments:

Post a Comment