Thursday, November 12, 2015

10 Perusahaan Yang Pernah Menawar Facebook


Microsoft pernah menawar Facebook seharga US$ 15 miliar (sekitar 200 triliun) dan Facebook menolak hal tersebut kemudian Mark Zuckerberg (sang pendiri Facebook) membalas "Mengapa bukan kami yang membeli perusahaan Anda sebesar US$ 15 miliar". Facebook adalah website media sosial yang kini memiliki banyak sekali pengguna. Tak heran menjadi sasaran para perusahaan besar yang dan menawar untuk membeli perusahaan Facebook, namun sangat sulit untuk membujuk Mark Zuckerberg (sang pendiri Facebook), karena Mark yakin perusahaannya akan maju sehingga dia tidak menjualnya. Saat pertama kali berdiri bukan Facebook.com tapi TheFacebook.com Facebook di dirikan tahun 2004 dan pada saat itu Facebook masih bernama TheFacebook.com, walaupun pada saat itu Facebook tidak seterkenal sekarang, namun tetap Facebook diburu oleh perusahaan besar, dan Mark berkali-kali menolak tawaran tersebut. Pada akhirnya di tahun 2005 perusahaan ini menghilangkan The dan menjadi Facebook yang dikenal saat ini. Berikut 10 Perusahaan yang Pernah Menawar Facebook.

1. Newscorp 


Perusahaan besar media ini juga sempat menawar untuk membeli Facebook di tahun 2006. Namun kesepatakan tidak pernah terjadi.

2. NBC 


Perusahaan media yang ini juga pernah menawar membeli Facebook di tahun 2005. Tetapi usaha mereka tetap gagal dalam membujuk Facebook, karena Mark tetap pada pendiriannya. 

3. Friendster


Saat TheFacebook baru di dirikan, Friendster berkeinginan untuk membeli The Facebook namun keinginan tersebut tidak tergapai hingga Friendster kalah bersaing dengan Facebook. 

4. Investor Dari Kota New York - 10 Juta Dollar 
Investor yang tak disebutkan namanya ini mencoba menawar Facebook. Beberapa bulan sejak pertama kali Facebook di dirikan dengan nama TheFacebook, Investor ini menawar dengan harga 10 juta dollar. Namun katanya Mark Zuckerberg tidak menanggapi begitu serius akan hal ini. 

5. Google - 15 Juta Dollar 


Tahun 2004 ketika Mark Zuckerberg dan teman-temannya menyewa rumah di California, ternyata berdekatan dengan markas Google. 2 pendiri Google juga pernah mampir ke markas TheFacebook juga, dan berdiskusi untuk melakukan kerjasama atau membeli TheFacebook. Namun ternyata pembicaraan tersebut tidak menghasilkan apa-apa. Tak menyerah, pada tahun 2007 Google kembali mengajukan kerja sama dengan Facebook dalam penjualan iklan atau berinvestasi di TheFacebook dengan angka 15 juta dollar. Namun tetap saja Mark dan timnya menolak tawaran tersebut. 

6. MySpace - 750 Juta Dollar 


Kali ini bukan Facebook yang ditawar. Pendiri MySpace, Chris DeWolfe berkunjung ke markas Facebook pada tahun 2005 untuk membicarakan tentang MySpace membeli The Facebook yang diajukan oleh Mark Zuckerberg, namun tawaran tersebut ditolak oleh DeWolfe yang merupakan pendiri MySpace. Bahkan ketika mereka bertemu kembali di tahun yang sama DeWolfe tetap menolak tawaran Mark untuk membeli Facebook dengan harga yang lebih tinggi yaitu 750 juta dollar. Padahal banyak perusahaan yang menginginkannya namun tidak dengan perusahaan bernama MySpace ini. 

7. AOL - 1 Miliar Dollar 


Perusahaan AOL juga pernah mengajukan penawaran untuk membeli Facebook di tahun 2006 dengan harga 1 miliar dollar. Namun dari awal tetap sulit, Mark tetap menolak tawaran tersebut. 

8. Yahoo! - 1 Miliar Dollar 


Perusahaan besar yang satu ini juga pernah menawar Facebook di tahun 2006 dengan harga yang fantastis, yaitu 1 miliar dollar. Juga pada saat itu teman-teman mark dan beberapa investor yang sudah menanam modal di Facebook berkeinginan menjualnya. Namun karena Facebook pada saat itu juga baru menambah fitur baru newsfeed, hingga Mark berpikir kembali untuk menjualnya dan berpikir akan memiliki nilai lebih dari 1 miliar dollar yang ditawarkan Yahoo!. Pada akhir tahun 2006, Yahoo kembali menawar Facebook. Kali ini dengan harga lebih dari 1 miliar dollar. Tapi karena Facebook saat itu sedang mencapai puncak popularitas dan penggua yang mendaftar setiap hari hingga 50.000 orang. Karena hal itu Mark dan timnya kembali menolak tawaran Yahoo. 

9. Viacom - 1,2 Miliar Dollar


Perusahaan Viacom yang memiliki MTV menawar untuk membeli TheFacebook seharga 75 juta dollar, jika tawaran ini diterima maka Mark selaku CEO akan menerima cash sebesar 35 juta dollar. Sayangnya tawaran tersebut ditolak oleh Mark dengan alasan bahwa MTV dan Facebook tidak cocok untuk di sinerigkan. Menurut kabar, VIacom berusaha untuk membujuk Mark berkali-kali untuk menjual Perusahaannya. Hingga tawaran kembali diterima Mark di tahun 2006, dan Mark mengatakan bahwa TheFacebook miliknya bernilai 2 miliar dollar.
Kemudian, beberapa minggu setelah penawaran tersebut, Viacom masih tetap berusaha menawar Facebook namun dengan harga yang luar biasa, yaitu 1,2 miliar dollar, dengan uang muka 800 juta dollar dan sisanya dibayar kemudian. Hingga kesepatakan ingin terjadi, namun Mark dan timnya menginginkan uang muka lebih besar dari yang ditawarkan Viacom sebesar 800 juta dollar. Viacom sebenarnya khawatir mengeluarkan uang yang sangat besar hanya untuk perusahaan internet dimana saat itu tidak memiliki untung yang banyak. Semenjak saat itu transaksi tidak terjadi lagi antara Viacom dan Mark. 

10. Microsoft - 15 Miliar Dollar 


Tahun 2007 CEO Microsoft Steve Ballmer mengajukan penawaran pada Facebook dengan harga yang fantastis yaitu 15 miliar dollar, kemudian setiap 6 bulan akan membeli 5% saham lagi dan terus begitu sampai semua saham dimiliki Microsoft. Ballmer berkeinginan membeli Facebook bertujuan menjauhkan Facebook dari Google yang menjadi rivalya. Hingga Mark Zuckerberg membalas dan berkata :


"Mengapa bukan kami yang membeli perusahaan Anda sebesar US$ 15 miliar?" 

Microsoft gagal membeli Facebook, tapi Microsoft berhasil membeli sejumlah saham di Facebook seharga 250 juta dollar. Walaupun ada terjalin kerja sama Facebook dengan Microsoft, Mark tetap menolak untuk menjual perusahaannya yang merupakan jejaring sosial besar dan memiliki banyak pengguna itu. 


"Aku tidak ingin menjual perusahaan, kecuali jika Aku masih bisa terus mengontrolnya," kata Mark.

Nah itulah 10 perusahaan yang pernah menawar facebook. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda :)

No comments:

Post a Comment